Emulator Playstation 2 (PS2)


Pcsx2Emulator Playstation 2 adalah sebuah software yang dapat menjalankan game favorit PS2 sobat pada PC atau komputer. Emulator PS2 membutuhkan spesifikasi komputer yang dibutuhkan agar berjalan mulus dan tanpa lag atau patah-patah ketika bermain emulasi PS2. Nah kali ini gw mau kasih emulator Playstation 2 (PS2) lengkap dengan BIO dan Plugin sehingga sobat sudah tinggal memainkan game PS2 favorit sobat tanpa perlu mengatur atau mensetting softwarenya lagi. Mau lebih lengkap sob? lanjut ah~~

Apa itu Emulator?

Emulator adalah software atau aplikasi yang dapat mengemulasikan (memainkan) game playstation baik PS maupun PS2 pada PC dengan syarat spesifikasi komputer yang dibutuhkan harus memenuhi kebutuhan emulatornya (baik emulator PS maupun PS2)


EmulatorSebenarnya banyak versi emulator yang ada namun gw merekomendasikan PCSX2 karena mempunyai fitur yang lengkap dan dukungan game yang sangat banyak. Sebelum menjalankan emulator PS2 sobat harus mengetahui beberapa hal agar emulator PS2 sobat berjalan dengan lancar.

1. Spesifikasi komputer
Prosesor: Minimum dual core (Recommend core2duo)
VGA : Minimum Gforce 6600 atau ATi Radeon X1300
RAM : Minimum 512MB (windows XP) atau 1GB (windows 7)

2. File pendukung
pastikan di komputer sobat telah terinstal file berikut (jika belum ada silahkan di download dulu)

Password Link
www.ad4msan.comC++ 2010
download

Microsoft Framework 3.5
download

Nah klo udah lengkap semua file di atas terinstal di komputer sobat sekarang tinggal di download deh PCSX2nya yang gratis, free dan full version di www.ad4msan.com
atau link langsung download PCSX2
Emulator PS2 (PCSX2)
download

Cara Setting / Konfigurasi PCSX2 0.9.6 untuk PC yang minimum

Wew judul diatas kayaknya ko ga sesuai ya... tapi okelah ayo kita lanjutkan! Nah bagi anda yang sudah download emulator PS2 PCSX2 0.9.6, saat ini mungkin anda sedang bingung bagaimana melakukan konfigurasi agar game PS2 bisa dimainkan ke dalam komputer anda, mengingat spesifikasi komputer anda yang juga minimum...

Nah sobat, jujur saja mungkin judul diatas kurang sesuai mengingat saya punya spesifikasi komputer yang cukup bagus, yaitu Prosesor Intel Pentium Dual Core 2GHz, Memory 2GB DDR2 667, kecuali satu hal... iyak VGA / Graphic Card-ku GeForce 6800XT 256MB DDR2 (VGA Sunatan) mana AGP lagi! Nah yang satu ini yang bikin performa PC-ku kalo mainin game ampun deh lemotnya...

Sebelum saya setting (settingan awal dari pembuat), ketika memainkan game Wild Arms 5, fps yang saya dapatkan ketika menjalankan karakter hanya sekitar 15-22 fps saja.. Nah setelah saya setting, ternyata saat saya kembali memainkan game yang sama, saya bisa mendapatkan sekitar 30-40 fps! Kerenkan?

Ok, sekarang akan saya tunjukkan langkah-langkah konfigurasinya :
  1. Buka aplikasi PCSX2 0.9.6, klik Config -> Configure, maka akan tampak gambar dibawah ini :
  2. Pada bagian Graphic, pilih GSdx 890 (SSSE3) dan klik Configure. Setting seperti gambar dibawah :
  3. Klik OK dan klik Test untuk memastikan bisa berjalan.
  4. Pada bagian Sound, pilih P.E.Op.S. SPU2 1.9.0 dan klik Configure. Setting seperti gambar dibawah :
  5. Klik OK dan klik Test untuk memastikan bisa berjalan.
  6. Jika anda memiliki JoyPad / JoyStick / Game Controller, pada bagian First Controller pilih SSSPSX PAD Plugin Pressure Mod 1.7.0 dan setting secara manual.
  7. Pada bagian Cdvdrom pilih Gigaherz's CDVD Plugin lalu Configure dan arahkan pada drive DVD anda.
  8. Pilih BIOS anda dan kemudian klik OK untuk menutup Konfigurasi.
  9. Masuk pada Config -> Speed Hacks, lalu setting seperti gambar dibawah :
  10. Setelah selesai klik OK.
  11. Masuk pada bagian Config -> Advanced, lalu setting seperti gambar dibawah :
  12. Setelah selesai klik OK.
  13. Ok, sekarang tutup PCSX2 0.9.6 dan kemudian buka lagi.
  14. Masukkan game anda ke Drive DVD, tunggu hingga beberapa saat lalu klik File -> Run CD/DVD
  15. Selamat Bermain!
Petunjuk Konfigurasi PCSX2 v 0.9.7

Dalam petunjuk ini akan saya jelaskan bagaimana cara untuk mengkonfigurasi PCSX2 dengan benar dan saya juga akan memberika beberapa saran dalam menjalankan game-game nya. Berikut langkah-langkah:

1) Unduh PCSX2 v0.9.7 yang terbaru DISINI
2) PCSX2 hadir dengan 3 jenis, installer penuh, installer web dan aplikasi langsung. Installer penuh juga berupa installer DirectX, dan aplikasi langsung (binari) hanyalah program dengan plugin-pluginnya. Unduh mana saja yang anda mau atau bila anda tidak tahu mau pilih yang mana, cukup pilih installer penuh.
3) Jalankan installernya (bila anda telah mengunduh installer) atau bila anda telah mengunduh aplikasi langsung cukup membuka isinya dan meng-ekstrak konten didalamnya ke sebuah folder. (misal. C:\PCSX2)
4) Jalankan file pcsx2.exe dari folder dimana anda telah menginstall atau meng-ekstrak file-file tersebut.

Untuk pengguna Linux
Dapatkan binarinya dari here atau dari sumber Google Code. Untuk merangkai dari sumber, ikuti instruksi Petunjuk Merangkai untuk Linux.
Anda perlu memiliki plugin-plugin berikut terinstall: libasound2-dev, libbz2-dev, libgl1-mesa-dev, libglew1.5-dev, libglu1-mesa-dev, libgtk2.0-dev, libjpeg-dev, libsdl1.2-dev, libsoundtouch1-dev, libsparsehash-dev, libwxbase2.8-dev, libwxgtk2.8-dev, libx11-dev, nvidia-cg-toolkit, portaudio19-dev, zlib1g-dev.

Plugin-plugin yang biasa digunakan Linux berupa: ZZOgl-pg (atau ZZOgl), SPU2-X, ZeroSPU2, OnePad, Linuz Iso, EFP Iso, dan EFP Polling.


Indeks
  1. Konfigurasi Plugin
  2. Konfigurasi BIOS
  3. Konfigurasi Core
  4. Konfigurasi Misc. Settings

Mengkonfigurasi PCSX2


Versi terbaru PCSX2 mempunyai tampilan konfigurasi pertama kali untuk memudahkan anda mengkonfigurasi PCSX2.

Pada tampilan pertama,kamu akan di minta untuk memilih bahasa, lalu memilih direktori dimana PCSX2 akan menyimpan file dan konfigurasi nya.

Pada dropdown pertama, cukup memilih bahasa yang anda inginkan untuk program tersebut (belum terimplementasi).

Untuk program's files (file-file program), anda dapat memilih untuk menyimpan di folder Documents yang ada di akun Windows anda (User Documents), atau didalam sebuah folder pilihan anda sendiri.

Pada tampilan kedua, anda akan memilih plugins yang ingin anda gunakan. Untuk menentukan plugin yg anda inginkan dari yang sudah tersedia, kami menyarankan agar anda membaca seluruh petunjuk ini dahulu, dimana petunjuk ini menjelaskan setiap plugin secara detil. Untuk sementara waktu, anda dapat membiarkan terpilihnya plugins yang sudah terpilih secara default.
Disini juga anda dapat juga memasukkan folder lain untuk plugins anda jika anda mau, dengan menghapus centang pada “use default setting” dan memilih sebuah folder pilihan anda dengan mengklik Browse. “Open in Explorer” akan membuka folder yg anda pilih dalam tampilan Explorer.

Pada tampilan ketiga, anda akan diminta untuk memilih image BIOS dari yang sudah tersedia. Jika anda tidak dapat melihat apa-apa, Anda perlu mengcopy file BIOS dari dalam folder yang anda lihat dibawah ini, Atau ubah folder tersebut untuk menuju ke direktori yang membuat file image BIOS anda. Untuk lebih lengkap mengenai BIOS, kunjungi Konfigurasi BIOS yang merupakan bagian dari petunjuk ini. Bila anda tidak dapat menentukan pilihan, anda tidak akan bisa menggunakan PCSX2. Klik “Finish” untuk menutup tampilan “First Time Configuration Wizard”.


Ini adalah menu utama GUI (Graphical User Interface) PCSX2. Dari sini, anda dapat mengganti konfigurasi atau plugins yang akan dipakai oleh PCSX2 sesuai dengan keinginan anda.
Kita akan memulai dengan melakukan konfigurasi terhadap plugins kemudian kita akan lanjut ke Konfigurasi Core.
Masuk ke Config =>Plugin/BIOS selector untuk memilih dan mengkonfigurasi plugins yg akan dipakai oleh PCSX2. Kamu akan melihat sebuah tampilan seperti ini (klik untuk memperbesar):

[Image: attachment.php?aid=26071]

Terdapat 3 bagian; Plugins, BIOS dan Folders

Plugins bagian Plugins/BIOS Selector:


Pertama-tama, anda dapat menghilangkan centang “use default setting” dibagian bawah dan memilih folder pilihan anda dengan mengklik “Browse”. Ini adalah folder dimana PCSX2 akan menjalankan plugins.
Pada bagian kiri, anda melihat komponen apa saja yang diemulasikan setiap plugin (GS, PAD, SPU2 dll), pada bagian tengah, anda melihat menu dropdown untuk memilih plugin, dan pada bagian kanan terdapat tombol “Configure” yang akan membuka tampilan konfigrasu untuk setiap plugin yang anda pilih. Ingat bahwa ketika anda mengganti plugin yg anda tentukan, anda harus mengklik “Apply” agar emulator menjalankan plugin tersebut dan tombol “Configure” dapat di akses.

Sekarang masuk pada konfigurasi plugin:

Grafik(Graphics):



Pertama, anda mungkin ingin mengetahui versi pixel shaders dan DirectX (pada Windows) yang kartu grafis (VGA card) anda dapat jalankan. Anda dapat mengetahuinya di sini.

Untuk sementara waktu anda dapat menggunakan 3 plugins GS: GSdx v0.1.16, ZeroGS v0.97.1, dan GSnull driver v0.1.0.

Gsdx v0.1.16 adalah plugin DirectX 9 dan DirectX 10/11 oleh Gabest yang baru-baru ini jauh dikembangkan dalam hal kecepatan dan juga kualitas gambar. Plugin ini membutuhkan pixel shaders 2 dan SSE2 untuk dapat berjalan dan DirectX 10 kartu grafis pada Vista/Windows 7 untuk jenis (mode) DirectX10/11.

ZeroGS v0.97.1 adalah sebuah plugin DirectX 9 yang relatif tidak ada perkembangan, dimana plugin ini membutuhkan kartu grafis dengan pixel shaders 2 untuk dapat berjalan. Plugin ini tidak begitu direkomendasikan kecuali anda memiliki masalah dengan Gsdx. Penggunaan ZeroGS kebanyakan digantikan oleh cadangan, ZZOgl, yang menggunakan OpenGL. Ini adalah plugin yang lebih digunakan pada Linux, karena plugin ini memperbaiki banyak masalah yang akan anda temui dengan menggunakan ZeroGS.

Gsnull adalah, sesuai dengan nama, adalah sebuah plugin grafis null yang tidak akan menampilkan jenis video apapun. Plugin ini digunakan untuk tujuan debugging.


Pilih GSdx v0.1.16 dan klik tombol Configure.

  • Plugin ini menyertakan 3 versi;SSE2,SSSE3 dan SSE4.1.Hanya APABILA prosesor anda mendukung instruksi diatas, gunakan lah yang sesuai karena akan berjalan lebih cepat untuk Anda. Kalau tidak, Anda akan mendapatkan bermacam-macam kerusakan yang konstan (constant crashes) ketika menggunakannya
    Prosesor(CPUs) yang mendukung SSE2: Lihat disini
    Prosesor(CPUs) yang mendukung SSSE3: Lihat disini
    Prosesor(CPUs) yang mendukung SSE4.1: Intel Core 2 Duo Penryn series (E7xxx,E8xxx and Q9xxx models) Intel Corei5, Intel Corei7
  • Untuk menjalankan mode DirectX10/11, kamu harus menjalankan Windows Vista atau Windows 7 dengan sebuah kartu grafis DirectX10 (Lihat link sebelumnya)   
  • Renderer: Anda dapat memilih bagaimana grafis akan di render.

    Dengan memilih "Direct3D9 (Hardware)", GSdx akan menggunakan kemampuan Direct3D pada kartu grafis anda, yang meningkatkan kecepatan emulasi secara signifikan

    Dengan memilih "Direct3D10/11 (Hardware)" (hanya dapat dipilih pada Vista/Windows 7 dengan kartu grafis DX10/11), GSdx akan menggunakan mode Direct3D10/11 yang biasanya adalah mode tercepat dan kadang kala juga cocok. Sangat direkomendasikan apabila sistem anda mendukung.

    Dengan memilih "Direct3D9 (software)", GSdx akan menggunakan renderer software sendiri yang built-in, dimana tidak akan menggunakan kartu grafis Anda sama sekali, namun prosesor anda. Dengan begini, kecepatan emulasi akan turun drastis namun anda mendapat kompatibilitas secara maksimal. Direkomendasikan apabila Anda menghadapi kecacatan pada grafis dengan renderer Direct3D.

    Dengan memilih "Direct3D9 (null)", Direct3D10/11 (null)", "Null (software)" or "Null (null)" plugin tidak akan merender apapun. menyebabkan tidak akan ada apa-apa pada layar. Gunakan apabila anda ingin. Mis. Mendengarkan lagu karena pada mode ini, anda mendapat peningkatan kecepatan secara drastis.
  • Interlacing: Anda dapat memilih antara None atau ke-6 pilihan lainnya, yang digunakan untuk menghilangkan “getar” pada layar.
    Didalam kurung, anda dapat melihat apa efek dan mungkin kerugian (mis. Setengah fps dalam mode blend) yang masing masing mode punya.
    Anda dapat melakukan penggantian mode interlacing dengan menekan tombol F5 ketika sedang menjalankan game.

    Scaling Subsection(bagian Scaling):

    Hanya tersedia apabila renderer Hardware telah dipilih diatas. Anda dapat mengubah beberapa konfigurasi untuk meningkatkan kualitas visual game-game anda dengan menaikkan resolusi tekstur yang dirender atau dengan menggunakan filtering. Ingat bahwa dengan mengubah resolusi native dari setiap game dapat menyebabkan berbagai macam kecacatan (dari yang cacat nya sangat minim menjadi kecacatan yang fatal dalam kasus tertentu).
  • D3D internal res: Anda dapat memasukkan resolusi pas yang anda mau untuk dirender!
    Dengan begini, jika PC anda cukup kuat (terutama kartu grafis anda), anda dapat memainkan game2 ps2 favorit anda dalam resolusi tinggi yang membuat grafis menjadi lebih detil.
    Catatan. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak juga tenaga yang digunakan plugin, menyebabkan emulasi menjadi lambat.
  • Scaling: Pilih 1x untuk menggunakan apapun yang anda buat di pengaturan atas (internal resolution). Atur ke 2x-6x akan melipatgandakan resolusi internal di game pada nilai itu dan melakukan render. Jadi apabila resolusi umum sebuah game adalah 640x320, bila di beri 3x scaling akan merender dalam 1920x960 (3x lipat resolusi umum). Ini akan mencegah beberapa kecacatan yang dapat muncul ketika anda mengatur resolusi sendiri dalam kotak D3D internal res.
    Pada saat ini, kebanyakan permainan dan kartu grafis dapat mengscaling 2 atau 3x dengan baik tetapi juga mendapatkan penurunan kecepatan secara tajam pada pengaturan tinggi.
  • Native: Bila anda mencentang kotak ini, plugin akan merender dalam resolusi umum ps2 (itu sebabnya mengapa D3D internal res dan Scaling menjadi tidak tersedia)

    bagian Hardware mode:

    Hanya tersedia apabila sebuah renderer hardware telah dipilih diatas. Kamu dapat mengganti beberapa pengaturan untuk tambahan performa ataupun kualitas video.
  • Texture filtering: Terdapat 3 kotak tick. Dicentang, abu2, dan tidak dicentang.
    Ketika dicentang, semua yang ada di layar mau 2D ataupun 3D akan di filtrasi secara bilinear.
    Ketika abu2, filtrasi akan dilaksanakan seperti pada sebuah PS2. Ini adalah aturan yang terpilih.
    Ketika tidak dicentang, filtrasi secara bilinear akan dihilangkan secara penuh. Menurunkan kualitas video namun dapat membantu pada beberapa kartu grafis yang lambat.
  • Logarithmic Z: (hanya mode DX9) Pengaturan ini dapat membantu bila beberapa grafis game “kelihatan”. Disarankan nyala.
  • Allow 8-bit textures: Menggunakan efisiensi “penyesuaian tekstur” untuk semua rendering yang mengurangi kebutuhan RAM kartu grafis. Pada sisi lain, ini juga meningkatkan pengunaan prosesing dan dapat menimbulkan kecacatan visual. Disarankan untuk menggunakan keduanya dan lihat mana yang lebih baik.
  • Alpha Correction (FBA): (hanya DX9) Gunakanlah ini karena dapat memperbaiki beberapa masalah blending yang dimiliki mode DX9.

    bagian Software mode :

    Hanya tersedia apabila terdapat renderer Software yang terlah dipilih di bagian atas. Anda dapat menemukan opsi-opsi untuk mengatur berapa banyak threads yang dipakai oleh render dan juga memati/hidupkan software AA
  • Rendering threads: Kotak ini hanya dapat digunakan apabila memilih metode software rendering. Anda dapat memasukkan berapa banyak threads yang digunakan GSdx ketika software rendering, untuk mengambil keuntungan dalam setiap cores yang prosesor anda miliki, mis. Atur ke 3 untuk prosesor quad-core. Meningkatkan kecepatan secara signifikan dalam sistem multi-core untuk software rendering yang lebih dari 2 cores.
  • Edge anti-aliasing (AA1): Kotak ini juga hanya tersedia apabila memilih metode software rendering. Ketika dicentang, plugin akan mencoba untuk menjalankan sebuah bentuk anti-aliasing pada game untuk meningkatkan visual. Gunakan secara hati-hati, sedang tidak stabil (experimental) pada saat ini.

    bagian Hacks :

    Hanya tersedia apabila anda meng-edit file GSdx.ini dan mengganti baris dari AlowwHacks=0 menjadi AllowHacks=1
    Pengaturan ini ditujukan untuk pengguna yang ahli dan mengerti apa yang mereka lakukan. Pengaturan ini dapat dan AKAN menyebabkan kecacatan serius jika digunakan pada game2 yang membutuhkan (hanya berefek pada mode hardware).
  • HW Anti Aliasing: Menambahkan Anti-Aliasing dari tingkat yang dipilih pada setiap hal yang dirender. Ini sangatlah membutuhkan memory kartu grafis dan mungkin menyebabkan crash pada PCSX2 jika tidak terdapat RAM yang cukup.
  • Alpha Hack: Gunakan ini bila game anda memiliki problema dengan efek-efek seperti kabut.
  • Offset Hack: Hack ini menambahkan sebuah offset ke setiap permukaan sehingga beberapa problema upscaling teratasi. Gunakan ini ketika kabur(blur) atau efek semacam halo muncul di atas-kiri dari mana seharusny berada.
  • Skipdraw Hack: Melewatkan penggambaran beberapa permukaan secara bersamaan, yang berdasarkan bagaimana sering mereka menyebabkan masalah. Masukkan berapa permukaan (surfaces) yang sebaiknya dilewati setelah problema pertama ditemukan. Cobalah untuk menurunkan nilai seperi 1-3 lalu gunakan nilai tinggi (semakin tinggi nilai, semakin tinggi juga kesempatan untuk grafis dan efek hilang). Hack ini dapat menyebabkan penambahan kecepatan secara acak juga!

  • Movie Capture: Ini adalah fitur tersembunyi(Tongue). Dengan menekan F12 ketika sedangn menjalankan PCSX2 dengan kotak pesan GSdx yang akan muncul. Pada isian pertama, anda harus menunjukkan plugin dimana video yang sudah direkam akan disimpan, dan jenis file nama juga. Pada isian kedua, anda dapat memilih codec untuk kompres seperti DivX atau “Uncompressed” yang tidak akan mengkompres video sama sekali. Jika anda memilih sebuah codec kompres, anda dapat mengganti pengaturannya dengan menngklik tombol “Config”. Ingat bahwa hanya codec-codec yang sudah terpasang di PC anda yang akan muncul.
    Tekan F12 lagi kapan saja untuk menghentikan proses rekaman. Video yang di produksi akan secara otomatis dipercepat ke 100% untuk kenyamanan anda Smile
  • Klik Ok untuk menyimpan perubahan yang telah anda buat atau cancel untuk kembali pada menu utama tampilan konfigurasi.

           
(Berhubung anda meggunakan ZZOgl daripada ZeroGS dalam banyak kasus, bagian ini perlu direvisi kembali. *Kebanyakan* pengaturan sama aja sih.)

Pilih ZeroGS v0.97.1 dan klik tombol Configure.

  • ZeroGS adalah sebuah plugin DirectX 9 yang dikembangkan oleh ZeroFrog dan ditujukan untuk kartu grafus yang mendukung pixel shaders 2.0 atau lebih tinggi. Seperti yang telah dituliskan sebelumnya, jika kartu grafis anda tidak memenuhi syarat, anda akan mendapat pesan error “Error opening gs plugin” dan aplikasi pcsx2 akan keluar secara langsung.
  • Interlace Enable: Ketika diaktifkan, beberapa masalah interlacing akan terselesaikan (“getaran” layar) meskipun beberapa game akan lebih baik dengan opsi ini dihilangkan. Anda dapat mengoperasikannya ketika sedang menjalankan sebuah permainan dengan menekan tombol “F5”.
  • Bilinear Filtering: Ketika diaktifkan, plugin ini akan memfiltrasu layar, menghaluskan setiap sudut. Secara umum, ini akan menjatuhkan FPS anda secara daramtikal kecuali jika anda mempunyai kartu grafis yang sangat kuat. Anda dapat mengoperasikannya ketika sedang menjalankan sebuah permainan dengan menahan “Shift” dan menekan “F5”. Terdapat 2 jenis filtrasi secara bilinear: normal bf and forced bf. Kadang-kadang game akan memerintah GS untuk merender tekstur dengan point sampling, bukan sampling linear. Pada normal bf, ZeroGS akan mengikuti game. Pada forced bf, plugin ini akan merender seluruh tekstur dengan filtrasi bilinear. Forced bf dapat mendatangkan kecacatan yang tidak diinginkan pada setiap sudut di tekstur permainan, jadi berhati-hatilah. Namun, kebanyakan kasus menunjukka bahwa foced bf menghasilkan skenario-skenario yang jauh lebih halus.
  • Anti-aliasing: Anda dapat memilih tingkat anti-aliasing yang digunakan plugin ini, untuk menghasilkan ketajaman yang lebih mulus. Anda dapat mengoperasikan ini ketika sedang menjalankan sebuah permainan dengan menekan tombol “F6”. Ingat bahwa fitur ini dapat menurunkan kecepatan.

    None: Tidak akan menerapkan anti-aliasing
    2x: Akan menerapkan 2X anti-aliasing
    4x: Akan menerapkan 4X anti-aliasing
    8x: Akan menerapkan 8X anti-aliasing
    16x: Akan menerapkan 16X anti-aliasing
  • Wireframe rendering: Ketika dicentang, plugin akan merender dalam wireframe, jadi anda akan melihat garis-garis poligon dimana-mana Wink.
    Anda dapat mengoperasikannya ketika sedang menjalankan sebuah game dengan menekan tombol “F7”.
  • Capture avi: Anda dapat merekam video gameplay anda sama seperti pada plugin GSdx. Tekan “F12” dan sebuah kotak akan muncul untuk pemilihan codec. Untuk sementara waktu, anda hanya dapat menggunakan enconding Xvi dikarenakan codec lain akan meng-crash plugin ini. Stelah kamu memilih, kamu dapat mengkonfigurasi codec tersebut dengan menekan tombol “Configure”. Klik OK dan proses rekaman akan berjalan. Tekan “F12” lagi untuk menghentikannya. Video rekaman akan disimpan di direktori PCSX2 dengan nama "zerogs.avi".
  • Save snapshots as BMPs(default is JPG): Sesuai dengan yang dikatakan, dengan adanya ini, gambar yang anda tangkap dengan “F8” akan disimpan sebagai BMP dan bukan JPG yang merupakan default. Gambar-gambar yang anda tangkap dengan “F8” terletak di folder /snaps dari direktori pcsx2 anda.
  • Fullscreen: Cukup mudah, dengan adanya ini, plugin ini akan menampilkan dalam full screen dan bukan windowed. Jika anda menonaktifkan ini dan telah menjalankan game, anda dapat menekan dan menahan tombol “alt” kemudian tekan “enter” untuk memasuki full screen.
  • Widescreen: Beberapa game mendukung mode layar-lebar (widescreen). Dengan mengaktifkan ini, ZeroGS akan secara otomatis mengubah tampilan ke mode 16:9
  • Default Window Size: Anda dapat memilih ukuran window yang akan dihasilkan ZeroGS jika anda menjalankan secara default. Opsi-opsi yang tersedia terdiri dari berbagai macam resolusi yang akan disesuaikan dengan window anda. Pilihlah yang mana anda suka dan ingat, ini tidak akan berpengaruh terhadap kecepatan.
  • Anda dapat menahan tombol “shift” dan menekan tombol “F7” untuk menunjukkan indikator Frames Per Second pada window ZeroGS.

ZeroGS Advanced Options(Opsi Bertingkat ZeroGS)

  • ZeroGS memuat beberapa opsi extra untuk memodifikasi beragam pengaturannya. Kadang-kala, game menggunakan Graphics Synthesizer dalam banyak hal yang tak terduga, dan kadang juga sangat tidak mungkin untuk ZeroGS untuk memprediksi seperti apa cara untuk mengemulasi GS. Beberapa opsi dapat mengubah sebuah permainan dengan tampilan sampah yang berjalan dengan 2 frames per detik menjadi game dengan tampilan PS2 yang berjalan dengan 60 frames per detik.
  • Jika sebuah set opsi berjana dengan baik untuk sebuah opsi, maka opsi-opsi ini dapat disimpan pada file patch game sehingga akan selalu dijalankan setiap kali game tersebut dijalankan. Ini sangatlah berguna ketika anda ingin opsi-opsi ini diaktifkan hanya untuk game tersebut dan tidak akan berefek pada game lain.
  • Setiap 1 set opsi dalam ZeroGS memiliki sebuah id unik. Untuk mendata id ini, pergi ke kotak dialog konfigurasi ZeroGS, atur opsi partikular, dan klik tombol Compute OR of IDS. Ambil angka yang dihasilkan dan buka file pnach game yang sesuai (biasanya file CRC.pnach dari game). Kemudian masukkan nilai baru zerogs=xxxxxxxx dimana x merupakan id.

GSnull v0.1.0 plugin

  • Seperti yang telah dijelaskan dari awal, ini adalah sebuah plugin Null yang tidak akan merender apapun. Klik Configure untuk memasuki menu dengan kotak cek dimana anda bisa centang/menghilangkan centang “Enable Logging” yang mengaktifkan/menonaktifkan logging GS. Digunakan hanya untuk tujuan deugging dan para pengembang.


Sound:




SPU2-X


Plugin terbaru dan terbaik ketika sedang menuliskan petunjuk ini. Plugin ini pertama didasarkan oleh SPU2 Gigaherz dan kemudian dimodifikasi oleh Jake Stine (Air) yang merupakan tim PCSX2.
Plugin ini adalah satu-satuny yang mendukung efek prosesing (seperti reverb) dan Dolby Pro Logic (II) (jika kartu suara anda mampu mengubahnya).
Plugin ini juga merupakan plugin yang paling tinggi dalam mengemulasi chip suara dengan baik. Banyak game yang hanya berjalan dengan SPU2-X!
  • Interpolation: Anda memilih 1 dari 5 opsi:
    1)Nearest: Sesuai yang dideskripsikan, tidak ada interpolasi pada mode ini dan ini adalah yang tercepat.
    2)Linear: Ini adlah opsi yang direkomendasikan, yang melakukan interpolasi liniar pada suara.
    3)Cubic: Ini adlah jenis lain interpolasi, lambat, namun lebih baik.
    4)Hermite: Sama seperti yang diatas, lebih lambat, namung lebih baik.
    5)Catmull-Rom: Sama juga, lebih lambat, kualitas tertinggi.

  • Disable effects processing: Gunakan ini untuk mematikan segala jenis efek emulasi seperti reverb, yang menurunkan kualitas suara namun meningkatkan kecepatan.
  • Reverb boost factor: Sesuai deskripsi, meningkatkan faktor seleksi dari intensitas efek reverb. Dapat menimbulkan kecacatan suara.
  • Enable debug options: Aktifkan ini akan menyebabkan tombol opsi Configure Debug dapat diakses. Ketika diklik, makan akan memunculkan kepada anda berbagai jenis opsi logging(pendataan) yang dapat diaktifkkan untuk tujuan debugging. Sebaiknya digunakan oleh para pengembang saja.
  • Module: Pilih 1 dari 5, yang merupakan beragam cara untuk menghasilkan suara pada sistem anda:

    1)No sound: Tidak akan ada suara.
    2)X Audio 2: Ini adalah metode yang direkomendasikan, baik untuk Vista, sehingga pengguna Xp mungkin ingin menggunakan opsi ketiga.
    3)DirectSound: Seharusnya sedikit parah daripada X Audio 2, gunakan bila berjalan baik untuk anda.
    4)Wave out: Tidak direkomendasikan, opsi 2 dan 3 seharusnya lebih baik.
    5)Portaudio: Menggunakan sebuah library crossplatform yang disebut Portaudio. Ini hanyalah opsi yang ada dari tidak ada suara pada Linux.

  • Latency: Semakin rendah tingkat latency, semakin sedikit juga delay suara yang anda dapatkan. Catatan memilih latency terlalu rendah AKAN menyebabkan cracks dan pops dalam suara, jadi cari lah yang terendah yang dapat berjalan di game anda tanpa menyebabkan suara krek.
  • Synchronizing mode(mode Synchronizing):
    • TimeStretch: Pilihan yang direkomendasikan dan default. Ini akan menyatukan suara dan gambar, dan membantu mengeliminasi suara krek dan masalah suara lainnya. Ingat jika kecepatan terlalu rendah, suara anda juga akan menjadi lambat sesuai dengan video.
    • Async Mix: Menyebabkan suara tidak berhubung dengan video, yang menyebabkan anda mendapat suara normal, meskipun game lambat. Dapat menyebabkan game freeze ato crash jadi gunakan dengan hati-hati!
    • None: Suara akan terlewati jika anda menggunakan mode ini dan anda tidak mendapat kecepatan maksimal dengan game yang anda sedang jalankan. Peningkatan kecil FPS.
  • Advanced: Disini anda dapat mengtune bagaimana pilihan time stretcher anda akan berjalan. Seperti yang dideskripsikan pada GUI, nilai tinggi adalah lebih baik jika anda tidak mendapat kecepatan bagus sedangkan sebaliknya terjadi jika anda sedang menjalankan game diatas kecepatan penuh. Tekan “Reset to Defaults” akan mengatur seluruh nilai disini ke pengaturan awal mereka.
  • Audio Expansion mode: Disini anda dapat memilih jika anda ingin suara yang dihasilkan diperluas sampai ke konfigurasi speaker anda dan bukan cuman 2 channels (stereo). Hanya dapat digunakan dengan modul XAudio2.
    • Stereo: Pengaturan default, Tidak ada perluasan suara.
    • Quadrafonic:  Akan memperluas ke 4 speakers
    • Surround 5.1: Akan memperluas ke 5.1 surround speakers
    • Surround 7.1: Akan memperluas ke 7.1 surround speakers
  • Use a Winamp DSP plugin: Jika anda tidak mengerti, biarkan saja. (Tidak tersedia untuk Linux pada saat ini.)

ZeroSPU2


Ini adlah plugin SPU2 yang dikembangkan oleh zerofrog. Fitur-fitur yang dimiliki adlah sebagai berikut:
  • Memiliki fitur time-scaling seperti SPU2-X Untuk mengaktifkan opsini ini, pergi ke konfigurasi ZeroSPU2 dan centang. Fitur ini berjalan lebih baik di Windows, tetapi juga diimplementasikan di Linux.
  • Real time mode adalah mode time stretching lebih ketat untuk game yang membutuhkan akurasi tambahan dan latency rendah.
  • Audio/video recording: Centang kotak Recording untuk merekam suara pada setiap permainan anda didalam sebuah file dengan nama zerospu2.wav.
  • Mute: Akan menghilangkan suara, memberikan tambahan kecepatan ekstra.


PAD:


Anda dapat memilih 2 plugins, Lilypad v0.10.0 dan SSSPSX Pad v1.7.1.

Pilih SSSPSX Pad v1.7.1 dan klik tombol Configure.



Kamu akan melihat sebuah kotak seperti ini (click to enlarge):

[Image: attachment.php?aid=26077]

Sekarang klik Configure untuk mengkonfigurasi SSSPSX Pad:
  • Disini, Anda tinggal menekan nama setiap tombol dan memasukkan tombol yang anda mau untuk nama tersebut. Jika anda mau menghilangkan sebuah tombol yang telah diatur, anda dapat mengklik tombol yang sesuai dan tinggi sampai waktu "Timeout: " menuju 0. Dan tombol tersebut akan menjadi NONE lagi.
  • Klik pada bagian PAD1/PAD2 disebelah sudut atas-kiri untuk mengganti dari controller 1 ke controller 2.
  • SSSPSX Pad mendukung analog controllers. Anda dapat memasukkan axis analog anda pada tombol "LX,LY,RX,RY". LX adalah untuk X-Axis pada Analog kiri,LY adalah untuk Y-Axis pada analog kiri,RX adalah untuk X-Axis pada Analog kanan,RY adalah untuk Y-Axis pada Analog kanan
  • Tombol R3 dan L3 adlah tombol analog stick ps2, R untuk kanan dan L seperti biasa (untuk kiri).
           

Pilih Lilypad v0.10.0 dan klik tombol Configure.


Anda akan melihat tampilan seperti ini (Klik untuk memperbesar):

[Image: attachment.php?aid=26075]
                
  • Lilypad adalah sebuah plugin input yang sangat kembang, dimana plugin ini mendukung keyboard, mouse, game pads dan juga pad XBOX 360. Plugin ini juga menyertakan beberapa hack yang berguna untuk PCSX2 seperti hack ESC atau opsi Disable Screensaver.
  • Untuk deskripsi detil mengenai fungsi setiap fitur dan cara untuk mengkonfigurasi dengan benar, kunjungi tret resmi plugin ini disini. Anda juga dapat mengunduh versi terbaru disana atau dari lokasi unduhan plugins Smile

Cdvdrom:


Dalam mayoritas situasi, anda dapat menggunakan ISO loader PCSX2 yang built-in dengan memilih ISO di menu CDVD, ISO Selector, pilih ISO image yang tersedia atau tidak, pilih Browse untuk menambahkan sebuah ISO.

Namun, jika anda ingin plugin yang mengerjakan, seperti menjalankan game melalui disc DVD atau membuat sebuah dump dari file ISO, pilih “Plugin” dari menu CDVD, lalu pilih sebuah plugin CDVD. Secara default, PCSX2 menyertakan Gigaherz's CDVD v0.8.0, Linuz ISO CDVD v0.9.0 dan CDVDnull v0.6.0.

Pilih Gigaherz's CDVD v0.8.0 dan klik configure.

  • Cukup mudah, hanya tinggal memilih drive letter dimana plugin akan membaca disc. Plugin akan langsung menjalankan game PS2 anda dari CD/DVD yang telah anda masukkan ke drive.
  • Plugin ini adalah satu-satunya yang mendukung penggantian disc. Jika anda menghadapi masalah dalam mengganti disc yang diperlukan oleh game, gunakan plugin ini!

Pilih Linuz Iso CDVD v0.9.0 dan klik configure.

  • Plugin ini memilika kemampuan ekstra dalam mengkompres file images anda untuk menghemat pemakaian hard disk selain dari menjalankan file tersebut di emulator.
  • Klik Select Iso untuk memilih image game yang anda mau jalankan/kompres. Ketika anda telah memilih sebuah image, ada bisa menutup menu config sehingga bisa dijalankan atau anda bisa mengklik “Compress Iso” untuk mengkompres. Jika anda memilih file yang telah dikompres, anda dapat memilih “Decompress Iso” untuk mengembalikan ke bentuk semula.
  • Pada "Compression Method" anda dapat memmilih antara ".Z - compress faster", yang akan mengkompres secara cepat namun menyebabkan ukuran lebih besar atau ".BZ - compress better", yang akan mengkompres secara perlahan namun menyebabkan ukuran menjadi lebih kecil.
  • Pada Options anda dapat mencentang/menghilangkan "Enable Block Dump=>'block.dump'". Bila dicentang, opsi ini akan membuat sebuah file block.dump didalam folder root PCSX2(dimana file pcsx2.exe berada) dari game yang anda jalankan. File ini seperti file iso kecil, yang utamanya digunakan untuk debugging. File ini akan menyimpan sektor-sektor yang terbaca ketika eksekusi game berlangsung, jadi setelah anda menjalankan file tersebut(dengan menggunakan "select iso" dari Linuz Iso CDVD) dan menjalankannya tanpa image apapun/cd/dvd. Ingat bahwa ketika game mencoba membaca sektor lain selain daripada yang ada file dump tersebut, pasti file itu akan berhenti respon.
  • Klik ok untuk menyimpan pengaturan anda.

       

CDVDnull v0.6.0


  • Ini adlah sebuah plugin Null seperti Gsnull, yang artinya tidak akan melakukan apa-apa. Plugin ini tidak memiliki tampilan konfigurasi untuk alasan-alasan yang pasti.


Dev9:


Disini adalah plugins yang mengatur HDD(hard disk drive) dan emulasi ethernet. Hanya ada Dev9Null v0.5.0 yang tersedia dalam paket 0.9.7, lagi-lagi plugin Null yang sama seperti yang lain.
Juga ada plugin Dev9 yang baru sedang dikembangkan oleh Luigi__, yaitu plugin MegaDev9 yang masi dalam tahap awal tetapi sangat menjanjikan. Untuk sementara waktu, plugin ini hanya mengemulasi HDD ps2. Anda dapat memperolehnya disini.

Usb:


Ini adalah plugins yang mengatur emulasi USB(Universal Serial Bus). Paket yang dirilis menyertakan USB Null v0.7.0 yang masih merupakan plugin Null. Tidak ada apapun yang dikonfigurasikan untuk alasan diatas.


Firewire:


Ini adalah plugins yang mengatur port Firewire. Hanya FWnull v0.6.0 yang disertakan dalam paket yang dirilis. Tidak ada plugin Firewire lain yang tersedia atau sedang dalam perkembangan. Tidak ada apapun yang dikonfigurasikan untuk alasan diatas.

BIOS(Basic Input Output System)


Pada daftar ini anda akan menemukan file image bios anda, jika anda punya dan telah meletakkannya didalam folder bios yang telah terpilih Ingat bahwa satu-satunya cara RESMI(LEGAL) untuk memperoleh sebuah bios adalah dengan mendump dari Playstation 2 ANDA SENDIRI.JANGAN menanyakan lokasi untuk mendapatkan bios dalam forum PCSX2, sebab hal tersebut melanggar peraturan. Itu karena BIOS ps2 adalah materi haki dari Sony dan menyebabkan distribusinya ilegal, yang berarti kita dapat masalah apabila ketahuan bahwa kita sedang menyediakan file-file bios kepada orang-orang. Jika BIOS anda tidak muncul dalam daftar meskipun anda sudah memasukkan direktori bios anda, file tersebut invalid(tidak cocok)

Perhatian: Sangat direkomendasikan bahwa anda memiliki semua file untuk BIOS yang lebih baru daripada SCPH-10000.bin. Anda mungkin bisa menjalankan bios atau permainan tanpa memiliki nya tetapi ada kemungkinan bahwa hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kompatibilitas. Termasuk juga rom1.bin,rom2.bin,erom.bin dan sebuah file SCPH-XXXXX.nvm dimana XXXXX adalah versi dari bios anda(mis SCPH-34004.nvm).File terakhir ini juga dapat dihasilkan dari PCSX2 setelah anda mengkonfigurasi bios anda(menentukan time zone(zona waktu), language(bahasa) dll) tetapi akan lebih baik jika anda memiliki file ini langsung dari Playstation 2 anda. Sekali lagi JANGAN MENANYAKAN lokasi untuk mendapat file-file tersebut, berhubung file-file tersebut merupakan bagian dari BIOS juga.

auMatt memberikan penjelasan singkat mengenai kelakuan file-file ini:

auMatt Wrote:Pada dasarnya, ps2 jepang pertama memiliki sebuah bios dan dvd player dll di install dalam memcard.
Ps2 setelah model pertama memiliki perangkat lunak Dvd Player yang diinstall dalam ROM secara terpisah (EROM) yang dienkripsi(dikunci).
ROM1 merupakan bagian tambahan dari BIOS yang memuat beberapa hal ekstra seperti ID untuk versi DVD Player dll..
Semoga ini membantu.

sebuah Bios dumper baru yang dapat mendump bios PS2 anda, ROM1,ROM2,EROM dan NVM telah tersedia. Dapatkan DISINI

Catatan: Untuk kompatibilitas penuh, direkomendasikan anda menggunakan image BIOS yang lain dari SCPH10000.BIN yang merupakan image tertua. Itu karena dengan adanya BIOS ini, banyak dijumpai masalah pada emulasi memcard dan juga bagian lainnya.

Cara untuk mengekstrak file bios dari PS2 anda: Kunjungi PS2Dev dan sebuah tret DISINI.

Jadi sekarang kita telah selesai mengkonfigurasi semua plugins untuk PCSX2.

BIOS tab of the Plugin/tampilan BIOS selector:


Disini anda akan melihat sebuah tampilan yang identitk dengan sebelumnya pada tampilan “First Time Configuration”, dengan penggunaan yang sama, dengan maksut memilih sebuah file BIOS dari daftar dan mengganti folder dimana PCSX2 akan mencari images BIOS anda.

Folders tab of the Plugin/tampilan BIOS selector.


Disini anda dapat mengganti folder-folder dimana PCSX2 akan menyimpan file-file tertentu. Dengan menghilangkan “Use default setting” anda dapat mengklik “Browse” untuk menemukan sebuah folder sesuai dengan keinginan anda dimana PCSX2 akan menyimpan: Save staets, snapshots dan logs/dumps.


Core settings


Selanjutnya adalah pengaturan Core PCSX2 yang dapat ditemukan di Config =>Emulation settings. Anda akan melihat tampilan layar seperti ini(Klik untuk memperbesar):

[Image: attachment.php?aid=26073]


Terdapat 6 bagian; EE/IOP, VUs, GS, GS Window, Speedhacks dan Gamefixes. Kita mulai dengan EE/IOP.

EE/IOP bagian Emulation Settings:


EE/IOP merupakan singkatan dari Emotion Engine / Input Output Processor yang merupakan komponen core dari Playstation 2. Dibawah ini kami akan mendeskripsikan pengaturan yang tersedia:
  • Emotion Engine: Pilih "Recompiler" untuk mengaktifkan recompiler untuk emotion Engine, menghasilkan penambahan besar pada kecepatan. Sangatlah kompatibel, jadi anda sebaiknya menggunakan ini terus-menerus. Dengan memilih “Interpreter” anda akan menggunakan mode Interpreter yang sangat lambat, dimana pada kasus tertentu akan menjadi lebih kompatibel, tetapi utamanya digunakan untuk tujuan debugging.
  • IOP: Sama seperti yang diatas. Interpreter disini tidak terlalu lambat namun masih saja dikategorikan lambat.
  • Round mode: Mengganti bagaimana cara kalkulasi pemutaran float numbers. Jika permainan anda freeze di suatu tempat, cobalah untuk menggantikan nilainya disini. Yang paling kompatibel adalah Chop/Zero. Otomatis berubah ketika 'Enable Patches' dicentang pada Sistem untuk beberapa game yang diketahui membutuhkan nilai yang berbeda dari default.
  • Clamping mode: Pengaturan ini menuju dari tercepat ke terlambat dari atas ke bawah. Jadi 'None' adalah pilihan tercepat namun kurang kompatibel dan 'Full' adalah terlambat namun paling kompatibel. Nilai default adalah 'Normal' yang berjalan baik untuk kebanyakan game tanpa berefek banyak pada kecepatan. Otomatis berubah ketika 'Enable Patches' dicentang pada Sistem untuk beberapa game yang diketahui membutuhkan nilai yang berbeda dari default.
  • Flush to Zero: Dapat memberikan penambahan kecil kecepatan namun menurunkan kompatibilitas. Direkomendasikan.
  • Denormals are Zero: Memberikan penambahan kecepatan yang baik dan seharusnya tidak menyebabkan masalah apa-apa.
  • Restore Defaults: Klik untuk mengembalikan seluruh pengaturan ke nilai default masing-masing (Terlihat Tebal di Vista/Windows 7 atau berwarna hijau pada Windows XP).

VUs bagian Emulation Settings:


VUs singkatan dari Vector Units yang merupakan sub-prosesor dari Playstation 2 yang berjalan secara pararel dengan EE dan IOP. Playstation 2 memiliki 2 bagian dari ini yang disebut VU0 dan VU1. Dibawah ini akan kami jelaskan pengaturan yang tersedia:
  • VU0: Pada kotak radio ini , anda dapat memilih satu dari 3 pilihan: Interpreter, microVU Recompiler dan superVU Recompiler [legacy].
    • Interpreter: Dengan memilih ini, PCSX2 akan menggunakan Interpreter untuk unit VU0, yang mana merupakan mode yang sangat lambat dan juga tidak begitu kompatibel. Sebaiknya digunakan untuk debugging dan juga percobaan.
    • microVU Recompiler: Recompiler terbaru untuk Vecitr Units yang dibuat oleh cottonvibes. Opsi ini memiliki kompatibilitas yang cukup tinggi dengan games, dan lebih stabil dan berkecepatan adil. Direkomendasikan.
    • superVU Recompiler [legacy]: Recompiler tua untuk Vector Units yang dibuat oleh zerofrog. Ini tidak dikembangkan secara aktif lagi (itulah sebabnya tulisan legacy), dan memiliki kompatibilitas parah dibandingkan microVU, lebih tidak stabil dan biasanya sedikit lebih cepat. Sebaiknya digunakan untuk mengidentifikasi bugs dengan recompiler baru atau pada kasus yang jarang, ini berjalan lebih baik dari microVU.
  • VU1: Sama dengan diatas tetapi untuk Vector Unit 1.
  • Round mode: Sama dengan EE/IOP
  • Clamp mode: Pengaturan ini menuju dari tercepat ke terlambat dari atas ke bawah. Jadi 'None' adalah pilihan tercepat namun kurang kompatibel dan 'Extra+Preserve Sign' adalah terlambat namun paling kompatibel. Nilai default adalah 'Normal' yang berjalan baik untuk kebanyakan game tanpa berefek banyak pada kecepatan. Jika anda mengalami poligon yang spikey atau geometri yant tidak pas(jelek), pilih 'Extra+Preserve Sign'. Otomatis berubah ketika 'Enable Patches' dicentang pada Sistem untuk beberapa game yang diketahui membutuhkan nilai yang berbeda dari default.
  • Flush to Zero: Dapat memberikan penambahan kecil kecepatan namun menurunkan kompatibilitas. Direkomendasikan.
  • Denormals are Zero: Memberikan penambahan kecepatan yang baik dan seharusnya tidak menyebabkan masalah apa-apa.
  • Restore Defaults: Klik untuk mengembalikan seluruh pengaturan ke nilai default masing-masing (Terlihat Tebal di Vista/Windows 7 atau berwarna hijau pada Windows XP).

GS bagian Emulation Settings:


GS singkatan dari Graphics Synthesizer yang merender grafis Playstation 2 (dari hal lain). Dibawah kami jelaskan pengaturan yang tersedia:
  • Framelimiter: Opsi-opsi dalam grup ini dapat digunakan untuk mengendalikan frame rate dari game anda dengan berbagai cara.
    • Disable Framelimiter: Dengan mencentang ini, game2 anda akan berjalan secepat kemampuan PC anda, melewatkan batas dan pengaturan dibawah. Operasikan ketika sedang menjalankan game dengan menekan “F4”.
    • Base Framerate Adjust: Disini anda dapat mengendalikan framerate dasar untuk game anda dalam sebuah persentase. Jika anda membiarkan dasar frame rates NTSC dan PAL seperti biasa (60 dan 50 fps secara respektif), 100% disini merujuk 60FPS untuk NTSC dan 50 FPS untuk PAL, 110% berarti 66 FPS dan 55 FPS  secara respektif dst. Frame limiter (pembatas frame) akan membatasi FPS game anda ke nilai-nilai tersebut. Atur lebih dari 100% BUKANLAH sebuah penambahan kecepatan dalam bentuk apapun juga, direkomendasikan untuk tetap menyimpan dalam nilai default 100%.
    • Slow Motion Adjust: Disini anda dapat mengendalikan persentase kecepatan game anda yang akan dibatasi ketika anda mengaktifkan slow motion. Persentase ini menunjuk kepada dasar frame rate (Base Framerate), jadi 50% artinya setengah dari kecepatan Base Framerate, dimana dapat kamu lihat pengkalkulasian dalam FPS. Operasikan dalam game dengan menekan Shift dan Tab (tidak berjalan untuk saat ini)
    • Turbo Adjust: Identik dengan pengaturan slow motion tetapi aktif ketika anda menyalakan turbo mode. Operasikan dalam game dengan menekan Tab
    • NTSC Framerate: Menentukan kecepatan games NTSC yang akan berjalan. Default (dan normal) kecepatan untuk games ini adalah 59.94 FPS, tetapi anda dapat menentikan lebih rendah/tinggi untuk menyatukan dengan opsi diatas.Petunjuk: Mengatur ini ke nilai rendah dari normal dapat mempercepat beberapa game namun dengan demikian dapat menghancurkan beberapa games.
    • PAL Framerate: Menentukan kecepatan games PAL yang akan berjalan. Default (dan normal) adalah 50 FPS, tetapi anda dapat menjadikan lebih rendah/tinggi untuk mengkombinasi dengan opsi diatas.Catatan: Mengatur ini ke nilai rendah dari normal dapat mempercepat beberapa game namun dengan demikian dapat menghancurkan beberapa games.
  • Frame Skipping: Opsi-opsi dalam grup ini dapat digunakan untuk mengendalikan jalannya frame skipping, sebuah teknik yang melewatkan penggambaran beberapa frame dari sebuah game untuk memperlihatkan seakan game tersebut berjalan mulus ketika kecepatan penuh tidak tercapai. Sesuai yang ditulis pada GUI, fitur ini dapat dan akan menyebabkan kesetkest, kedip-kedip ataupun perilaku abnormal lainnya tergantung dari game. Operasikan dari dalam game dengan menekan Shift dan F4
    • Disabled: Bila dipilih, akan menghilangkan Frame Skpping. Direkomendasikan bila anda mendapatkan kecepatan pas.
    • Skip when on Turbo only: Bila dipilih, akan mengaktifkan Frame Skipping hanya bila Turbo mode aktif.
    • Constant Skipping: Bila dipilih, mengaktifkan Frame Skipping secara konstan.
    • Frames to Draw: Tentukan berapa banyak frame yang akan dimunculkan sebelum dilewati.
    • Frames to Skip: Tentukan berapa banyak frame yang akan dilewatkan ketika frame diatas telah dimunculkan.

  • Use Synchronized MTGS: Centang opsi ini untuk menggunakan mode lain dari MTGS. SANGAT lambat, hanya untuk tujuan debugging.
  • Disable all GS output: Sesuai dengan namanya, akan menghilangkan seluruh output grafis. Digunakan untuk penelitian benchmarking core pada kecepatan PCSX2 dan juga debugging.

GS Window bagian Emulation Settings:


Disini anda dapat mengendalikan berbagai aspek output video dari PCSX2. Dibawah ini akan kami jelaskan pengaturan yang tersedia:
  • Apect Ratio: Anda dapat memilih Fit to Windows/Screen yang akan melebarkan video untuk memposisikan dengan tampilan anda, standard (4:3) yang akan mengatur aspek ratio ke 4:3 atau Widescreen(16:9->layarlebar) yang akan melakukan kesamaan dengan perbandingan 16:9. Ingat bahwa tampilan game akan dilebarkan dengan cara demikian, mengabaikan tampilan normal. Untuk layar lebar yang sesuai, anda sebaiknya mengatur pada tampilan menu game (jika game tersebut mendukungnya).
  • Custom window size: Menentukan pilihan  ukuran untuk tampilan video dalam satuan pixels.
  • Disable window resize border: Ketika aktif, akan menghilangkan lapisan yang digunakan untuk menentukan ukuran tampilan video.
  • Always hide mouse cursor: Bila aktif, kursor mouse akan menjadi tidak terlihat ketika GS memasuki tampilan video.
  • Hide window on suspend: Bila aktif, tampilan video akan tidak terlihat setiap kali emulasi diberhentikan.
  • Default to fullscreen mode on open: Bila aktif, PCSX2 akan memulai dengan full screen (tampilan penuh). Ubah ke Windowed dengan menekan Alt dan Enter.
  • Use exclusive fullscreen mode (bila tersedia): Ketika aktif, metode lain untuk menampilkan akan digunakan yang dimana dapat berefek lebih baik pada monitor CRT lama/tua dan juga kartu grafis yang lama. Ini TIDAK direkomendasikan karena hal ini dapat dan akan menyebabkan kebocoran pada memori dan/atau crashes secara acak ketika beralih dari window ke full screen dan sebaliknya.
  • Wait for vsync on refresh: Bila aktif, PCSX2 akan menggunakan vsync yang akan menurunkan tearing(kecacatan) tetapi juga secara hebat menurunkan FPS aktual(asli). Berlaku pada mode full screen dan tidak selalu berjalan dengan semua plugin GS.

Speed Hacks bagian Emulation Settings:


Speed hacks adalah beragam teknik yang digunakan untuk mempercepat emulasi dengan mengorbankan akurasi emulasi. Sluruh opsi ini dapat dan akan menyebabkan kecacatan fatal, crashes dan kelakuan yang abnormal jadi gunakan dengan hati-hati! Juga ingat bahwa fitur ini hanya berefek pada game tertentu saja, jadi anda kemungkinan tidak akan mendapat penambahan kecepatan tergantung game yang dimainkan. Dibawah ini akan kami jelaskan pengatura-pengaturan yang tersedia.
  • Enable speedhacks: Aktif/nonaktifkan untuk mengoperasikan hacks dibawah.
  • Emotion Engine (EE) Cyclerate: Hack ini akan meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk operasi yang emulasikan, sehingga akan meringankan CPU anda. Hal lain selain default, dapat memecahkan game ada, menyebabkan mereka tampak kacau atau melewatkan frames.
    • Default Cycle Rate - Slider Level 1: Ini bukan hack, ini mengemulasi EE pada kecepatan asli.
    • Slider Level 2: merendahkan perputaran EE sebesar 33%. Peningkatan kecepatan sedikit, sedikit rusaknya kompatibilitas.
    • Slider Level 3: merendahkan perputaran EE sebesar 50%. Penambahan besar pada kecepatan, perusakan pada kompatibilitas secara sedang. Juga dapat menyebabkan suara jelek pada videos di game.

  • VU Cycle Stealing: Hack ini meningkatkan jumlah perputaran Vector Unit (VU) yang diambil Emotion Engine (EE). Ini dapat menyebabkan pembacaan salah pada FPS (terutama dalam nilai yang lebih tinggi), layar yang berkedap-kedip, perlambatan dan kecacatan serius pada game-game tertentu!
    • Slider Level 0: Ini bukan hack, ini menghilangkan VU Cycle Stealing.
    • Slider Level 1:  Peningkatan kecepatan sedikit, sedikit rusaknya kompatibilitas.
    • Slider Level 2: Penambahan besar pada kecepatan, perusakan pada kompatibilitas secara sedang.
    • Slider Level 3: Peningkatan kecil pada kecepatan dibanding pada level, kerusakan besar pada kompatibilitas. Tingkatan ini tidak akan berjalan baik pada mayoritas game yang menyebabkan flickering, perlambatan dan juga kecacatan grafifikal dan memberikan penambahan kecepatan secara marjinal yang diatas level 2 ketika berjalan. Tidak direkomendasikan kecuali untuk beberapa game tertentu yang berjalan baik dengan ini.

  • Other Hacks: Beragam hack dengan kegunaan yang berbeda-beda.
    • Enable INTC Spin detection: Hack ini mengambil jalan pintas dalam situasi pada saat game PS2 idle(tidak beraktivitas), lihat tooltip(saran) untuk penjelasan detil. Bukannya melakukan pembalikan tidak beraktivitas (idle loop), namun hal ini akan langsung menuju ke bagian akhir dan berlanjut disana. Dapat memberikan penambahan besar pada kecepatan namun hanya pada game tertentu saja. Hack yang sangat aman digunakan dengan hampir tidak ada kerusakan pada kompatibilitas, direkomendasikan.
    • Enable Wait Loop detection: Mirip dengan yang diatas, periksa tooltip untuk penjelasan detil. Penambahan kecepatan secara sedang, direkomendasikan.
    • Enable fast CDVD: Menurunkan waktu tunggu dengan mengatur mode pembacaan cepat pada disc. Periksa daftar kompatibilitas HDLoader untuk game yang TIDAK dapat berjalan dengan ini (biasanya ditandai dengan mode needing 1 atau slow DVD). Tidak direkomendasikan sebab hal ini dapat merusak banyak permainan.

  • microVU Hacks: Hack ini hanya berjalan ketika microVU yand dipilih sebagai recompiler dalam bagian VU Emulation settings. Jika superVU yang dipilih, fitur ini tidak akan berjalan.
    • mVU flag hack: Periksa tooltip untuk deskripsi detil mengenai cara kerja. Pertambahan sedang pada kecepatan dengan kompatibilitas yang sangat tinggi, direkomendasikan.
    • mVU block hack: Periksa tooltip untuk deskripsi detil mengenai cara kerja. Pertambahan sedang pada kecepatan dengan kompatibilitas yang sangat tinggi, direkomendasikan.
    • mVU Min/Max hack: eriksa tooltip untuk deskripsi detil mengenai cara kerja. Pertambahan sedang pada kecepatan dengan kompatibilitas yang sangat tinggi, direkomendasikan.

  • Restore defaults: Klik untuk mengembalikan semua pengaturan ke nilai semula(default) (yang sebenarnya menghilangkan semua hack pada bagian ini).

Game fixes bagian Emulation Settings:


Sesuai dengan nama, terdapat beberapa game gixes untuk beberapa game yang untuk sebab tertentu dalam mengemulasikan membutuhkan hal khusus. Ingat bahwa tim tidak ada niat untuk menyimpan hacks untuk beberapa game, fitur tersebut ada disana untuk sementara sampai perbaikan penuh dapat ditemukan supaya fitur ini dapat dihapus. Banyak dari fitur tersebut yang otomatis dijalankan ketika 'Enable Patches' aktif dibawah sistem (System).
  • VU Add hack: Hack ini dibutuhkan karena PS2 tidak mengikuti standar IEEE dalam floats.
    Aktifkan hanya untuk 'Star Ocean 3','Valkyrie Profile 2' dan 'Radiata Stories'.
  • VU Clip Flag Hack: Hack ini hanya dibutuhkan ketika superVU dipilih sebagai recompiler pada VU dalam Emulation Settings. Dibutuhkan untuk game game Persona.
  • FPU Compare Hack: Hack ini dibutuhkan karena keterbatasan jarak untuk angka poin floating yang didefinisikan oleh standar IEEE yang tidak diikuti oleh PS2. Aktifkan hanya untuk 'Digimon Rumble Arena 2'.
  • FPU Multiply Hack: Dibutuhkan untuk 'Tales of Destiny'.
  • FPU Negative Div Hack: Dibutuhkan untuk game game Gundam, memperbaiki penglihatan kamera.
  • VU GXkick Hack: Menambah lebih delay pada instruksi VU XGkick. Dibutuhkan untuk 'Erementar Gerad'.
  • FFX videos fix: Membuat GIF larut sebelum melakukan pekerjaan IOU. Memperbaiki video sampah keabu-abuan pada 'Final Fantasy X'.
  • EE timing Hack: Hack dengan multi-tujuan. Umumnya membantu: 'Digital Devil Saga', 'SSX', 'Resident Evil: Dead Aim'.
  • Skip MPEG Hack: Gunakan ini untuk melewati intro video pembuka yang dapat freeze untuk mencegah hang.
  • OPH flag Hack: Dibutuhkan untuk 'Bleach Blade Battler', 'Growlancer' II and III dan 'Wizardry'

Miscellaneous options(pengaturan Miscellaneous)


Sekarang tinggal menjelaskan fungsi opsi-opsi lainnya:
  • System =>Boot CD/DVD (full): Jika anda memilih ini, emulator akan menjalankan file image yang telah kamu pilih pada plugin CDVD(atau ISO internal)atau akan meminta anda untuk memilih sebuah file image jika anda belum mengatur di konfigurasi plugin CDVD. Jika anda menggunakan plugin Gigaherz CDVD, maka secara instan akan menjalankan CD/DVD pada drive yang telah dipilih. 'full' mode akan menjalani bios terdahulu seperti pada konsol PS2 asli. Gunakan untuk game yang memiliki translasi bahasa lain atau game yang diproteksi untuk pembajakan.
  • System =>Boot CD/DVD (fast): Sama seperti diatas tetapi opsi ini melewatkan BIOS dan langsung menjalankan game.
  • System =>Run ELF...: Anda dapat menggunakan ini untuk menjalankan demos dengan ekstensi/format file .elf.
  • System =>Suspend/Resume: Anda dapat menggunakan ini untuk memberhentikan dan melanjutkan emulasi emulator kapan saja.
  • System =>Load State/Save State: Anda dapat load/save states  ketika sedang menjalankan game. Pada opsi "Other" anda dapat menentukan nama file yang berbeda dari yang digunakan PCSX2.
  • System =>Check/Uncheck Enable Patches: Ini akan mengaktif/nonaktifkan patch pada game. Patches memiliki beragam kegunaan, dari melwatkan video pada game yang belum diemulasikan dengan benar dan dapat menghentikan emulator dari progressing menjadi yang lebih canggih. Mengaktifkan ini juga akan mengaktifkan beberapa konfigurasi khusus dan game fixes untuk beberapa game tertentu yang membutuhkan.
  • System =>Check/Uncheck Enable Cheats: Ini akan mengaktif/nonakifkan cheats pada game. Cara kerja cheats sama dengan sistem cara kerja patches tetapi cheats dijalnkan dari folder Cheats dari PCSX2. Lihat beragam cara pada forum kami mengenai cara membuat file cheat untuk PCSX2
  • System =>Check/Uncheck Enable Host Filesystem: Ini akan megaktif/nonaktifkan Host Filesystem dari PCSX2. Utamanya digunakan oleh demos dan homebrew.
  • System =>Shutdown: Ini akan mematikan game yang sedang anda mainkan dan mereset PCSX2.
  • System =>Exit: Menutup Emulator
  • CDVD =>
    • Iso Selector: Ini adalah ISO laoder internal dari PCSX2, yang tidak menggunakan plugin CDVD. Anda dapat memilih file image disc apapun yang PCSX2 dukung dengan mengklik Browse dan menjalankannya. Untuk kenyamanan anda, menu ini juga menyimpan daftar dari game-game yang sering anda mainkan. Ini hanya akan bekerja jika Iso terpilih di bagian menu bawah!
    • Plugin Menu-Plugin Settings: Menu ini akan menunjukkan anda mana plugin CDVD yang telah anda pilih dan memberi anda untuk melakukan konfigurasi (daripada secara manual pergi ke Plugin/BIOS Selector).
    • ISO-Plugin-No Disc: Menu radial ini mengendalikan sumber dimana PCSX2 akan menjalankan game. Jika anda memilih ISO, maka ISO loader internal akan menjalankan game pilihan anda (dijelaskan diatas). Jika anda memilih Plugin, maka plugin yang telah diatur akan digunakan untuk menjalankan game game anda. Jika anda memilih No Disc, tidak ada game yang akan dijalankan dan PCSX2 akan menjalankan hanya BIOS.
  • Config =>
    • Emulation Settings: Membuka tampilan Emulation Settings yang telah dijelaskan pada permulaan petunjuk ini.
    • Memory cards: Akan membuka pengaturan memcard.
    • Dengan mengklik browse, pilihlah direktori dimana PCSX2 akan menjalankan memory card nya(terserah anda).
    • Pilih satu memcard dari daftar untuk memunculkan tombol Delete dan Disable, yang akan bekerja sesuai dengan fungsi masing-masing pada memory card yang anda pilih.
    • Enable Multitap on Port 1: Mengaktifkan Multitap untuk mendukung 4 memory card (Belum bekerja dengan baik).
    • Enable Multitap on Port 2: Sama seperti diatas, berfungsi sebagai port kedua untuk multitap Playstation 2.
    • Auto-Eject Memcards when loading save states: Deskripsi ada di GUI, direkomendasikan untuk dicentang.

  • Video (GS)/Audio (SPU2)/Controllers (PAD)/Dev9/USB/Firewire =>Plugin Settings: Akan membuka tampilan konfigurasi untuk plugini yang terpilih (terdaftar disini) dengan kesesuaian masing-masing (Video/Audio/Pad/Dev9/USB/Firewire)
  • Patches: Akan membuka browser untuk patches. Tidak terimplementasi di 0.9.7 beta.
  • Multitap 1: Akan mengaktifkan 1. Tidak terimplementasi di 0.9.7 beta.
  • Multitap 2: Akan mengaktifkan 2. Tidak terimplementasi di 0.9.7 beta.
  • Clear all Settings: Akan menghapus semua pengaturan yang telah disimpan, mengembalikan semuanya ke tahap awal(defaults) dan membuka tampilan “First Time Configuration”.

  • Misc =>
    • Check/Uncheck Show Console: Ini akan emgaktif/nonaktifkan sebuah tampilan kedua yang akan muncul dibelakang GUI utama PCSX2 dan digunakan untuk keperluan debugging. Disini anda dapat melihat berbagai pesan yang dapat membantu anda untuk menemukan sebuah masalah ketika sedang menjalankan sebuah game dari emulator. Pesan berwarna merah adalah errors dan kuning adalah peringatan.
    • Print cdvd info: Jika dicentang, pembacaan yang dilakukan CD/DVD akan di munculkan pada konsol. Digunakan untuk debugging.
  • About: Tampilan about. Disini anda dapat melihat siapakah pembuat emulator dan beberapa ucapan terima kasih
  • Link Download DirectX 11
SPECS:
Intel E7500 2.93 GHz OC-ed ~3.4 GHz
ATI Radeon HD 4350 with 512M dedicated memory
160GB Serial-ATA Seagate 5400 RPM
Windows 7 Professional 64bit

    0 komentar:

    Post a Comment